Strategi Memilih Lokasi Usaha
Ilustrasi / bp1.blogspot.com |
Dalam strategi
pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu
faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin
strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan
berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika
lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan
terlalu bagus. Untuk itu sebelum
Anda memulai sebuha usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang
paling tepat untuk pemasaran usaha Anda. Lakukan riset dan bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang paling strategis bagi usaha Anda. Berikut beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan, sebagai bahan pertimbangan strategi memilih lokasi usaha.
paling tepat untuk pemasaran usaha Anda. Lakukan riset dan bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang paling strategis bagi usaha Anda. Berikut beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan, sebagai bahan pertimbangan strategi memilih lokasi usaha.
Berikut tips nya
1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memilih
lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Semakin tinggi
kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar
sebuah usaha. Coba saja bandingkan pendapatan usaha yang lokasinya di daerah
pedesaan dengan usaha yang berada di daerah perkotaan, omset yang diperoleh
akan sangat jauh berbeda.
2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan
masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yang akan
Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh
terhadap daya beli konsumen. Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan produk
yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup
tinggi ( misalnya di kota – kota besar ). Sedangkan bila ingin menawarkan
produk dengan harga yang relative murah, tidak akan jadi masalah jika Anda
memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang untuk. Karena konsumen
di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan
kualitas produk yang dijual.
3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lang kendaraan yang lewat
ilustrasi
pemilihan lokasi usaha 250x165 Strategi Memilih Lokasi UsahaPerhatikan trafik
lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, karena hal ini juga
mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daeah tersebut. Untuk daerah yang
dilalui pejalan kaki, usaha toko kelontong atau usaha minuman dingin cocok
untuk dibangun di daerah tersebut. Sedangkan untuk lokasi yang banyak dilalui
kendaraan bermotor, bisa mencoba usaha bengkel yang lebih dibutuhkan. Sesuaikan
jenis usaha Anda dengan para konsumen yang lalu lalang di lokasi tersebut.
4. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
Semakin banyak
usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang datang ke lokasi tersebut
juga semakin ramai. Karena di lokasi tersebut terdapat berbagai macam usaha
yang menyediakan produk yang berbeda pula, sehingga para konsumen lebih
tertarik datang ke lokasi yang terdapat berbagai macam usaha. Misalnya saja
lokasi pasar, atau mall yang selalu ramai pengunjung.
5. Sesuaikan dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
Biasanya lokasi
usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di pinggir jalan yang strategis
harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis.
Untuk itu sesuaikan dana yang Anda miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih.
Jangan memilih lokasi yang harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai
pengunjung.
6. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi
tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha Anda, sebaiknya lokasi
ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena posisinya yang sangat strategis,
Anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan
usaha Anda dengan usaha lain yang sejenis.
7. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih
lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi
usaha yang dilalui transportasi umum. Agar konsumen yang tidak memiliki
kendaraan pribadi juga bisa menjangkau lokasi usaha Anda.
8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang
aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu
meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan
usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa
mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang
ada di lokasi kurang aman.
9. Dan yang ke-9 adalah, perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak
akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di
lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk Anda.
Untuk itu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda, agar konsumen merasa nyaman
berkunjung ke lokasi usaha Anda.
Tips
Sebelum membuka
usaha sebaiknya Anda harus mengetahui apakah bangunan yang disewa atau yang
Anda dirikan semua perijinannya sudah beres, seperti ijin mengenai analisa
dampak lingkungan ( AMDAL ), ijin mendirikan bangunan ( IMB ), serta ijin
gangguan ( HO ). Agar tidak terjadi kejadian tidak terduga, yang akan merugikan
usaha yang Anda jalankan. Banyaknya peristiwa tempat usaha yang dihancurkan
hanya karena tidak memiliki ijin, dapat menjadi pelajaran penting bagi Anda yang
sedang mencari lokasi usaha. Salam
sukses.
Reporter : Iqbal
0 komentar:
Posting Komentar